Tentang Pengembang

Saya adalah seorang “tukang kode” yang mengembangkan web Quran-terjemah.org dan beberapa aplikasi lainnya.

Untuk komputer windows saya telah membuat program/aplikasi Quran Terjemah, Simple Kasir dan Buku BSE, dan beberapa progam lainnya yang kecil-kecil yang saya sendiri gak begitu ingat.

Untuk Android saya juga telah membuat aplikasi Quran-terjemah, Tajwid Lengkap, Gps MyTracks, Keuangan Pribadi dan lain-lain

Untuk Web saya juga membuat beberapa web dan blog, beberapa ada yang menggunakan cms wordpress seperti web ini, ada juga yang menggunakan cms yang saya buat sendiri seperti Quran-terjemah.org dan Haryantoblog.com
ada yang isinya lumayan jelas, ada juga yang gak karu-karuan kaya web ini, yang domain sama isinya gak nyambung.

Saya biasanya menggunakan PHP web, java untuk membuat apps android, dan c# (csharp) untuk aplikasi windows, kadang saya juga menggunakan c++ dan nodejs.

Kuliah dimana?

Saya tidak pernah kuliah, dan sekolah SMK jurusan mesin yang saya tahu sebenarnya sama-sekali gak nyambung sama kerjaan saat ini.

Jadi jangan di kira saya programer jadi gak ngerti mesin,, saya jago soal mesin dan elektrik, saya bisa bongkar semua mesin asal gak di suruh masang lagi =))

Saya juga mantan welder (tukang las) yang bisa melakukan pengelasan di semua posisi baik groove dan fillet
tahun 2006 saya memegan sertifikat dari badan Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk pengelasan posisi 3G.

Tak Pernah Kuliah dari mana belajar pemrograman ?

saya hanya belajar dengan cara browsing, dan aktif di beberapa forum tanya jawab seperti stackoverflow, dari sana saya belajar banyak.

Tahap belajarnya?

Awalnya saya tertarik dunia blog, awalnya ngotak-atik html dan css, selanjutnya belajar PHP, saat saya belajar PHP saya belum menguasai javascript, karena kebutuhan, akhirnya saya pelajari juga javascript, nah mempelajari javascript dengan object oriented programing membuat saya mudah memahami bahasa pemrograman java dan c#, saya kemudian mempelajarinya. Awalnya saya kesulitan dengan barang baru seperti “Thread” background thread dan UI thread yang memang tidak saya kenal di javascript dan php.

Tapi perlahan saya mulai memahaminya.
pertamakali belajar java saya langsung bikin aplikasi android quran-terjemah, dan pertama kali saya belajar c# saya juga langsung bikin quran-terjemah untuk komputer, jadi Quran-terjemah adalah project non komersil yang paling banyak manfaatnya buat saya sendiri.

Setelah saya “merasa bisa” (bisa beneran sih enggak =)) ) menggunakan java dan csharp, saya kemudian belajar c++,
jadi saya sekarang “merasa bisa” menggunakan php, javascript, java, c# dan “agak merasa bisa” di c++

sekian dulu wassalam

This entry was posted in news. Bookmark the permalink.